FIKROH: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENDIDIKAN ISLAM
Vol 14 No 1 (2021)

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Reciprocal Teaching Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Dahliana, Dina (Unknown)
Anggraini, Pio (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2021

Abstract

Guru sangat berperan dalam mengembangkan bahan ajar yang efektif untuk mendorong kemajuan peserta didik dalam belajar. Sementara itu bahan ajar yang ada masih perlu perbaikan-perbaikan karena terdapat beberapa kesalahan seperti paragraf dalam teks bacaan belum rata kiri-kanan, kesalahan penulisan huruf kapital. Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dicari solusi berupa pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis model reciprocal teaching untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (four D model). Model ini terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar tematik terpadu menggunakan model reciprocal teaching yang dikembangkan memperoleh persentase kevalidan bahan ajar dan RPP adalah 87,5% (materi) dengan kategori sangat valid, 75% (bahasa) dengan kategori valid, dan 81,8% (desain) dengan kategori sangat valid. Sedangkan persentase RPP adalah 90% dengan kategori sangat valid.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fikroh

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL FIKROH is a peer-reviewed journal on education,especially Islamic Education, share knowledge and information about research report on whole aspects of Islamic education integrated with all sciences, publicate qualified articles to show the development of Moslem scholars publications. JURNAL ...