Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2017): Pasundan Journal of Mathematics Education

Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Hasanah, Hasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2017

Abstract

Masih rendahnya motivasi dan kemampuan koneksi matematis siswa dan adanya perubahan paradigma pendidikan,dari paradigma mengajar menjadi paradigma belajar, guru harus menciptakan lingkungan atau kondisi belajar yang menyenangkan,bermakna bagi siswa, yang pada ahirnya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mengambil sample siswa kelas VIII D dan VIII E di SMP Negeri 3 Plered Cirebon. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran Mind Mapping dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan koneksi matematis siswa yang mempergunakan pembelajaran Mind Mapping lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (3) Terdapat pengaruh antara motivasi dan kemampuan koneksi matematis siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pjme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME) merupakan jurnal pendidikan matematika yang dikelola oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasundan dan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI). Jurnal ini menerbitkan penelitian asli atau makalah teoretis tentang pengajaran ...