Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan  kemampuan siswa menulis karangan melalui gambar dengan penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas II  SDN 16 Sungai Ringin. Penelitian  ini merupakan “Penelitian Tindakan” yang dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan peneliti sebagai pelaku tindakan. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas, yang berfokus pada pembelajaran di kelas dan mengenai hal-hal yang terjadi di kelas. Kemampuan bahasa Indonesia siswa secara kelompok pada proses pembelajaran bahasa Indonesia meningkat dari 47,5% pada kondisi awal menjadi 65% pada tahapan I dan miningkat menjadi  100% pada tahapan II. Ini berarti dari kategori baik pada tahapan I  meningkat menjadi kategori sangat baik pada tahapan II. Terjadi peningkatan rata-rata kemampuan bahasa Indonesia jumlah siswa secara kelompok sebesar 33,3% dari tahapan I ke tahapan II. Ini berarti dari kategori baik pada tahapan I  meningkat menjadi kategori sangat baik pada tahapan II. Kata kunci: keampuan  menulis karangan, metode demonstrasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018