Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MELALUI GAMBAR DENGAN PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 16 SUNGAI RINGIN

Hayati, Hayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan  kemampuan siswa menulis karangan melalui gambar dengan penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas II  SDN 16 Sungai Ringin. Penelitian  ini merupakan “Penelitian Tindakan” yang dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan peneliti sebagai pelaku tindakan. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas, yang berfokus pada pembelajaran di kelas dan mengenai hal-hal yang terjadi di kelas. Kemampuan bahasa Indonesia siswa secara kelompok pada proses pembelajaran bahasa Indonesia meningkat dari 47,5% pada kondisi awal menjadi 65% pada tahapan I dan miningkat menjadi  100% pada tahapan II. Ini berarti dari kategori baik pada tahapan I  meningkat menjadi kategori sangat baik pada tahapan II. Terjadi peningkatan rata-rata kemampuan bahasa Indonesia jumlah siswa secara kelompok sebesar 33,3% dari tahapan I ke tahapan II. Ini berarti dari kategori baik pada tahapan I  meningkat menjadi kategori sangat baik pada tahapan II. Kata kunci: keampuan  menulis karangan, metode demonstrasi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

KAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal KANSASI merupakan jurnal ilmiah online (e-ISSN) milik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal KANSASI mulai diterbitkan pada Tahun 2016, merupakn terbitan berkala setahun dua kali terbitan; yaitu edisi April dan ...