Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI BRIEFING KEDISIPLINAN

Sugianto, Sugianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan guru dalam mengajar melalui briefing kedisplinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan, dengan konsep 2 kali pelaksaan program briefing kedisiplinan berdampak positif bagi proses peningkatan Disiplin guru dalam kehadiran mengajar dikelas. Program briefing kedisiplinan seperti ini sangat cocok sekali di terapkan pada guru. Dengan demikian upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar dikelas melalui briefing kedisiplinan oleh kepala sekolah SD Negeri 12 Merimpit tepat sasaran. Hasil dari refleksi pelaksanaan briefing kedisiplinan 10 hari pertama ini mengahasilkan skor hasil observasi 39 Hal tersebut belum memenuhi skor harapan yaitu 60,75. Hasil refleksi pelaksanaan briefing kedisiplinan 10 hari ke 2 ini mengahasilkan skor 81 artinya kedisiplinan guru sudah sangat baik karena mencapai skor maksimal yaitu 81. Hasil angket juga menunjukkan skor yang sangat bagus yakni 81 dengan skor maksimal 81. Hal ini menunjukkan bahwa kedisiplinan guru sudah sangat baik.Kata Kunci: Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas, Briefing Kedisiplinan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

KAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal KANSASI merupakan jurnal ilmiah online (e-ISSN) milik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal KANSASI mulai diterbitkan pada Tahun 2016, merupakn terbitan berkala setahun dua kali terbitan; yaitu edisi April dan ...