Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KEDEMBAK AIR TABUN TERHADAP MEMERANKAN TOKOH DRAMA DENGAN EKSPRESI YANG TEPAT MELALUI METODE SOSIODRAMA

Welmawelma, Welmawelma (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2016

Abstract

Metode pembelajaran sosiodrama adalah model pembelajaran bermain peran dengan mendramatisasi kehidupan nyata atau konflik yang belum terselesaikan dan sistem sosial yang membentuk kita secara individu dan kolektif. Guru dalam pembelajaran ini bisa bertindak sebagai aktor, sutradara atau penonton. Peranan Fasilitator dalam pembelajaran ini menyampaikan sebuah prolog memperkenalkan topik yang disesuaikan dengan audiens yang spesifik. Metode tersebut merupakan cara terbaik agar siswa dapat memerankan aktor dengan ekspresi dan intonasi yang tepat sesuai karakter yang diperankannya. Penelitian dengan tindakan kelas ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran sosiodrama dalam pelajaran bahasa Indonesia pada materi memerankan tokoh drama melalui media teks dapat berhasil dan dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Kemampuan siswa dalam memerankan tokoh drama secara kelompok pada proses pembelajaran bahasa Indonesia juga meningkat.Kata Kunci: drama, ekspresi, metode sosiodrama.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

KAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal KANSASI merupakan jurnal ilmiah online (e-ISSN) milik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal KANSASI mulai diterbitkan pada Tahun 2016, merupakn terbitan berkala setahun dua kali terbitan; yaitu edisi April dan ...