Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan substansi keilmuan mahasiswa PGSD UWGM yang terkait dengan bidang studi di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed method) dengan jenis penelitian survey. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif melalui diagram, mean, modus, frekuensi dan persentase. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, tes pengetahuan akademik dan dokumentasi. Sesuai dengan metode kualitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Model Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis ini meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing / verification). Sedangkan teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes pengetahuan akademik mahasiswa PGSD sangat rendah jauh dibawah KKM siswa SD yaitu 70. Rata-rata nilai tertinggi ditunjukkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 42,3 sedangkan rata-rata nilai terendah ditunjukkan pada mata pelajaran Matematika yaitu 24,3 dan Bahasa Inggris yaitu sebesar 30,3. Kemudian nilai rata-rata mata pelajaran IPA 37,6, IPS 40,7, dan PKn 40,8. Secara keseluruhan rata-rata nilai tes akademik pada 6 bidang studi yang diujikan pada mahasiswa menunjukkan hasil yang rendah yaitu sebesar 36 meskipun pada beberapa mahasiswa secara individu menunjukkan nilai yang baik. Sedangkan tes kompetensi profesional menunjukkan hasil sebesar 89,3%. Dengan demikian secara teori mahasiswa PGSD Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda memiliki pemahaman kompetensi profesional yang baik. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Mahasiswa PGSD
Copyrights © 2018