ABSTRAK Diantara bentuk persoalan dalam kegiatan pembelajaran tematik dari adanya kurikulum 2013 adalah peserta didik kesulitan memahami materi pembelajaran dan penggunaan media yang digunakan guru tidak tepat dengan materi yang diajarkan, sehingga peserta didik tidak tertarik pembelajaran dan sulit untuk memahami konsep materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar yang didapatkan tidak mencapai nilai yang diharapkan. Maka untuk mengatasi permasalahan itu diperlukan penggunaan media yang sesuai agar dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui perolehan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media diaroma pada tema ekosistem. Metode yang digunakan adalah pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalent control group design. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Dari hasil penelitian penggunaan media diaroma menunjukkan bahwa penggunaan media diorama pada tema ekosistem di kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah meningkatkan minat belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian media diaroma dapat digunakan untuk materi ekosistem. Kata Kunci: media diorama, hasil belajar.
Copyrights © 2020