SIMBIOSA
Vol 8, No 1 (2019): JURNAL SIMBIOSA

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK MORAL KNOWING SISWA TENTANG NARKOTIKA

Ika Chastanti (STKIP Labuhanbatu, Sumatera Utara)
Indra Kumalasari Munthe (STIH Labuhanbatu, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2019

Abstract

Penyalahguna narkotika di kalangan siswa sudah semakin banyak. Indonesia menjadi Negara darurat narkotika. Telah banyak ditemukan siswa yang positif mengkonsumsi narkoba jenis I yaitu Ganja. Implementasi pendidikan multicultural lintas budaya yaitu Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika  (P4GN) perlu dilakukan untuk membantu mengurangi penyalahguna narkotika. Selain P4GN perlu ditanamkan moral knowing siswa tentang narkotika yang bisa dilakukan di sekolah. Metode penelitian ini kualitatif dengan teknik purposive sampling. Sanpel dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Orang tua dan siswa yang positif mengkonsumsi narkotika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (In-depth Interview) dan pemberian angket kepada siswa. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multicultural belum dilaksanakan sepenuhnya oleh sekolah karena sekolah belum memahami konsep pendidikan multicultural sehingga moral knowing siswa tentang narkotika masih tergolong rendah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

simbiosajournal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

ehadiran jurnal SIMBIOSA sangat diharapkan untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada bidang pembelajaran Biologi dan Sains. Fokus dan cakupan SIMBIOSA secara deteil sebagai berikur: Pendidikan Biologi, mencakup : pembelajaran Biologi untuk sekolah menengah, dan perguruan tinggi; teknologi ...