SIMBIOSA
Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SIMBIOSA

Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada Mata Kuliah Konsep Biologi

Tisrin Maulina Dewi (Universitas Karimun)
Muhiri Muhiri (Universitas Karimun)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Keterampilan Proses Sains (KPS) mahasiswa Program Studi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada mata kuliah konsep Biologi SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 Prodi PGSD Universitas Karimun berjumlah 25 orang mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yang dipilih secara Purposive Random Sampling.  Data pada penelitian ini diperoleh melalui instrumen tes keterampilan proses sains mahasiswa dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa masih sangat rendah dengan nilai 13,8. Faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains terhadap proses pembelajaran memperoleh nilai 72,83% dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa profil keterampilan proses sains mahasiswa PGSD masih rendah dan harus ditingkatkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

simbiosajournal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

ehadiran jurnal SIMBIOSA sangat diharapkan untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada bidang pembelajaran Biologi dan Sains. Fokus dan cakupan SIMBIOSA secara deteil sebagai berikur: Pendidikan Biologi, mencakup : pembelajaran Biologi untuk sekolah menengah, dan perguruan tinggi; teknologi ...