Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol 1, No 3 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK SD MELALUI PENERAPAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING

Irfan Supriatna (PGSD Universitas Bengkulu)
Salati Asmahasanah (PGMI Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini berkaitan dengan penerapan modelĀ  Inquiry Based Learning (IBL) dalam meningkatkan kemampuan berhitung. Penelitian ini bermula dari permasalahan kemampuan berhitung anak kelas II SD yang seringkali mengalami hambatan. Berdasarkan hasil observasi awal, kemampuan anak dalam aspek berhitung masih belum optimal, hal tersebut ditandai dengan masih banyaknya anak yang hanya dapat menyebutkan bilangan dari 1 sampai 10 tanpa memahami arti dari bilangan tersebut, anak terlihat belum mampu membilang dengan menggunakan benda, belum mampu menjumlah dengan menggunakan benda dan belum mampu melakukan pengurangan dengan benda. Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan penggunaan cara yang tepat, dalam penelitian ini solusi yang digunakan yaitu model Inquiry Based Learning (IBL).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...