Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020

MODEL PEMBELAJARAN SENAM IRAMA BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP

Kemal Abdullah Kemal (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran pada siswa SMP yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran penjas di SMP. Model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi senam irama. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, dalam penelitian ADDIE ada 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi, akan tetapi dalam kondisi pandemi COVID-19 ini peneliti hanya menggunakan 3 tahapan yaitu analisis, desain, dan pengembangan model. Hasil penelitian menghasilkan model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran yang telah divalidasi dan direvisi oleh ahli pembelajaran dan ahli senam irama sebanyak 15 model. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran pada siswa SMP telah dinyatakan valid dan dapat diterapkan pada siswa SMP oleh ahli pembelajaran dan ahli senam irama.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpja

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran ...