Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Vol 3, No 2 (2015): Juni

MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN JENIS - JENIS TUMBUHAN BERBASIS MULTIMEDIA STUDI KASUS (TK TUNAS MELATI YOGYAKARTA)

- Partimawati (Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Wahyu Pujiyono (Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

Pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan masih sulit di pahami serta proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional menyebabkan suasana belajar yang terkesan kaku dan anak-anak sibuk bermain sehingga perlu dibuatkan media pembelajaran yang dapat membantu peran guru dalam proses penyampaian materi. Media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan berbasis multimedia  untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak-anak TK Tunas Melati. Dalam hal ini guru sabagai fasilitator dalam menyampaikan tata cara penggunaan media pembelajaran dan anak-anak berperan aktif dalam menerima materi pembelajaran.                 Dalam penelitian ini  adalah media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan untuk TK Tunas Melati. Analisis dilakukan untuk menentukan spesifikasi kebutuhan pembelajaran untuk media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan agar sesuai kebutuhan. Implementasi sistem memanfaatkan Adobe Flash Professional CS3, Adobe Soundbooth Professional CS3, dan Action Script. Sistem yang dihasilkan diuji dengan 2 metode, yaitu black box test dan alpha test. Diskusi dilakukan kepada guru dan wali murid untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan pemahaman anak-anak terhadap pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan.Hasil dari penelitian adalah terbentuknya aplikasi media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan berbasis multimedia untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak-anak terhadap jenis-jenis tumbuhan. Dari hasil uji black box test untuk jawaban “Ya” 100% dan untuk jawaban “Tidak”  0%  dapat disimpulkan keluaran dari media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan tidak terdapat error pada saat aplikasi media pembelajaran digunakan dan untuk hasil uji alpha test untuk SS (sangat setuju) 70%, S (setuju) 80%, KS (kurang setuju) 0% dan TS (tidak setuju) 0% dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan mampu membantu guru untuk menyampaikan materi tentang jenis-jenis tumbuhan dan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahamnan anak-anak terhadap jenis-jenis tumbuhan serta wali murid bisa membantu anak-anak dalam belajar pengenalan jenis-jenis tumbuhan pada saat di rumah. Hasil pengujian menunjukkan 100% media pembelajaran tentang jenis-jenis tumbuhan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman  pada anak-anak TK Tunas Melati Yogyakarta.Kata Kunci: Multimedia, Pembelajaran, Tumbuh-tumbuhan , Tunas Melati.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JSTIF

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) adalah jurnal online ditujukan sebagai sarana publikasi dari makalah yang disarikan dari hasil penelitian mahasiswa Teknik Informatika. Focus and Scope: Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Pengetahuan dan Data Mining (Data Mining) ...