Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2017)

Sosialisasi Pentingnya Customer Relationship Management (CRM) dalam Upaya Meningkatkan Retensi Pelanggan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Cilegon

Vidila Rosalina (Fakultas Teknologi, Universitas Serang Raya)
Abdul Malik (Universitas Serang Raya)
Erma Perwitasari (Universitas Serang Raya)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2017

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Banten sebagian besar masih dikelola dengan metode konvensional, sentuhan teknologi informasi belum optimal. Salah satu pendekatan bisnis modern adalah dengan memperhatikan faktor pelanggan, bukan saja sebelum transaksi, tapi tidak kalah penting adalah setelah transaksi. Sistem Teknologi Informasi yang digunakan untuk mengelola pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan retensi pelanggan ini disebut dengan Customer Relationship Management (CRM). Perangkat lunak CRM yang sekarang ada lebih berorientasi ke perusahaan besar yang sudah mapan, sehingga akan menimbulkan beberapa ketidaksesuaian ketika diterapkan dalam UMKM. Pengabdian ini mencoba melakukan sosialisasi  pentingnya CRM pada UMKM dalam meningkatkan retensi pelanggan UMKM. Penerapan CRM ini akan membantu UMKM dalam pengelolaan hubungan dengan pelanggan sehingga dapat meningkatkan daya saingnya dengan perusahaan lain dalam mempertahankan bisnis yang dijalankan dan sebagai sarana untuk memperoleh pasar baru yang lebih luas. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan model 'lokalisasi' melalui observasi yang dilakukan pada usaha UMKM yang tergabung pada Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKINDO) Cilegon. Hasil pengabdian ini diharapkan mampu memberikan gambaran tentang pentingnya CRM pada UMKM di wilayah Banten.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

parahita

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Serang Raya dengan ISSN 2599-0020 (Cetak) dan ISSN 2599-0012 (Online). Jurnal ini memuat artikel-artikel pengabdian kepada masyarakat dengan ruang lingkup ...