Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 2 No 1 (2020): Pedagogia

MENINGKATKAN KOMPETENSI MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN PADA GURU MIN 1 PESISIR SELATAN TP2019/2020

Sakirin, Sakirin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2020

Abstract

Masalah dalam penelitian, yaitu rendahnya kemampuan guru menyusun RPP yang sesuai mdengan ketetan pada standar proses. Sedangkan tugas guru salahsatunya adalah merencanakan pembelajaran dengan baik agar tercapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Rumusan masalah penelitian yaitu “Apakah kemampuan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat ditingkatkan melalui bimbingan berkelanjutan pada Guru MIN 1 Pesisir Barat TP 2019/2020? Tujuan penelitian meningkatkan Kemampuan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui bimbingan berkelanjutan pada Guru MIN 1 Pesisir Barat TP 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I Kemampuan guru mencapai skor 37 atau mencapai 52% dan siklus II mencapai skor 68 atau mencapai 95%. Meningkat dari siklus ke siklus mencapai indikator keberhasilan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa kemampuan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat ditingkatkan melalui bimbingan berkelanjutan pada Guru MIN 1 Pesisir Barat TP 2019/2020

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia diperuntukkan sebagai media publikasi hasil penelitian ilmiah bagi dosen, guru, peneliti, dan pemerhati pendidikan dasar. Setiap naskah yang diserahkan akan disunting secara peer-review, dengan tahapan editing oleh session editor dan ditinjau oleh ...