Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya pemahaman guru tentang teknik dan cara melakukan penilaian dalam kegiatan pembelajaran, khususnya guru-guru SD Negeri 1 Perumnas Way Halim. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini penulis mencoba menerapkan pendekatan CTL membimbing guru menerapkan penilaian Autentik. Rumusan masalah pada PTS ini adalah â€Bagaimanakah Peningkatan Kompetensi Pedagogik Teknik Penilaian Autentik melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Guru SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung Tahun 2018? Tujuan PTS ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi menerapkan teknik penilaian Autentik melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Guru Di SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung Tahun 2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan catatan data lapangan, wawancara, dan catatan hasil refleksi/diskusi tentang penerapan teknik penilaian Autentik yang dilakukan guru, dalam hal ini peneliti bermitra mitra dengan teman sejawat. Kegiatan bimbingan penerapan pendekatan CTL pada guru Di SD Negeri 1 Perumnas Way Halim telah terlaksana dengan baik dan memberi kontribusi tehadap peningkatan pemahanan dan kompetensi pedagogik guru tentang teknik penilaian Autentik. Hasil Siklus I Pembimbingan mencapai 36 (60%), Pemahaman 32 (53%), Penerapan 35 (58%), Siklus II Pembimbingan mencapai 49 (81%), Pemahaman 52 (86%), Penerepan 46 (77%), Siklus III Pembimbingan mencapai 55 (92%), Pemahaman 57 (95%), Penerepan 53 (88%). Simpulan penelitian ini dinyatakan bahwa pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dapat Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Teknik Penilaian Autentik pada Guru SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung Tahun 2018.
Copyrights © 2020