Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 2 No 1 (2020): Pedagogia

MEMBIMBING PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA GURU SD NEGERI 1 PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

Mauli, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya pemahaman guru tentang teknik dan cara melakukan penilaian dalam kegiatan pembelajaran, khususnya guru-guru SD Negeri 1 Perumnas Way Halim. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini penulis mencoba menerapkan pendekatan CTL membimbing guru menerapkan penilaian Autentik. Rumusan masalah pada PTS ini adalah ”Bagaimanakah Peningkatan Kompetensi Pedagogik Teknik Penilaian Autentik melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Guru SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung Tahun 2018? Tujuan PTS ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi menerapkan teknik penilaian Autentik melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Guru Di SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung Tahun 2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan catatan data lapangan, wawancara, dan catatan hasil refleksi/diskusi tentang penerapan teknik penilaian Autentik yang dilakukan guru, dalam hal ini peneliti bermitra mitra dengan teman sejawat. Kegiatan bimbingan penerapan pendekatan CTL pada guru Di SD Negeri 1 Perumnas Way Halim telah terlaksana dengan baik dan memberi kontribusi tehadap peningkatan pemahanan dan kompetensi pedagogik guru tentang teknik penilaian Autentik. Hasil Siklus I Pembimbingan mencapai 36 (60%), Pemahaman 32 (53%), Penerapan 35 (58%), Siklus II Pembimbingan mencapai 49 (81%), Pemahaman 52 (86%), Penerepan 46 (77%), Siklus III Pembimbingan mencapai 55 (92%), Pemahaman 57 (95%), Penerepan 53 (88%). Simpulan penelitian ini dinyatakan bahwa pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dapat Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Teknik Penilaian Autentik pada Guru SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung Tahun 2018.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia diperuntukkan sebagai media publikasi hasil penelitian ilmiah bagi dosen, guru, peneliti, dan pemerhati pendidikan dasar. Setiap naskah yang diserahkan akan disunting secara peer-review, dengan tahapan editing oleh session editor dan ditinjau oleh ...