Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar PKn melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas IV SDN 3 Penengahan Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan prestasi belajar PKn pada siswa kelas IV. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKn pada siswa kelas IV SDN 3 Penengahan Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan menggunakan 3 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantatif. Hasil analis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I diperoleh 23%, siklus II diperoleh 43%, dan siklus III diperoleh 86%. Peningkatan aktivitas siswa siklus I meningkat 23%, dan siklus III meningkat 44%. Prestasi belajar siswa siklus I meningkat 20%, siklus II diperoleh 47%, dan siklus III diperoleh 87%. Peningkatan aktivitas siswa siklus I meningkat 20%, siklus II diperoleh 43%, dan siklus III meningkat 44 % diperoleh 87%. Simpulan penelitian bahwa pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKn pada siswa kelas IV SDN 3 Penengahan TP 2017/2018.
Copyrights © 2020