Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Vol 2 No 1 (2017): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

Model Pembelajaran Al-Qur`an Bagi Pemula (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Azhar Peterongan Jombang)‎

Abidin, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2017

Abstract

Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model atau desain pembelajsan dengan menggunakan pendekatan metode atau teknik pengajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran al-Qur`an dilakukan dengan cara actve learning, dimana siswa diposisikan sebagai subyek dan guru sebagai pembimbing, dan siswa dikelompokkan berdasarkan kelasnya masing- masing. Model yang diterapkan disimpulkan oleh peniliti telah berhasil, hal ini ditunjukkan dengan indikator, bahwa siswa yang belajar di Pondok Pesantren Al- Azhar banyak yang mahir membaca al-Qur`an yang awalnya belum bisa membaca al-Qur`an atau belum lancar membaca al-Qur`an dan hal yang paling penting adalah keberhasilan siswa dalam mengukir prestasinya dalam bidang al-Qur`an, baik ditingkat kabupaten, propinsi dan nasioanal. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Al-Qur’an

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sumbula

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya – adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang. Jurnal ini memiliki spesifikasi sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang keagamaan, sosial dan budaya. ...