Abstraksi Dalam membentuk sikap disiplin pada anak didik diperlukan sebuah motivasi. Agar anak-anak lebih lebih teratur dalam melaksanakan pembelajaran.. Maka dari itu yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi guru dalam meningkatkan kedisipilnan belajar anak didik di SDN I Kepuhkembeng Peterongan Jombang. Adapun tujuan yang ingin di capai adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi guru dalam meningkatkan kedisipilnan belajar anak didik di SDN I Kepuhkembeng Peterongan Jombang. Dalam penelitian ini di bagi menjadi dua bagian, bagian pertama tentang kajian teori, bagian ke dua tentang kajian empiris. Kajian teori merupakan pembahasan melalui studi kepustakaan, sedangkan kajian empiris diperoleh dari data-data dengan menggunakan metode observasi, interview, dan angket tertutup. Sedangkan penentuan sampel dengan tehnik stratified proporsional random sampling. Dari data yang diperoleh, hipotesis di uji dengan menggunakan rumus Chi kwadrat yaitu: Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi guru dalam meningkatkan kedisipilnan belajar anak didik di SDN I Kepuhkembeng Peterongan Jombang dilanjutkan dengan menggunakan rumus Koefisien Kontingensi (KK) yaitu: Dari hasil penelitian, setelah data dianalisa maka diperoleh kesimpulan ada pengaruh motivasi guru dalam meningkatkan kedisipilnan belajar anak didik di SDN I Kepuhkembeng Peterongan Jombang. Kata Kunci : Motivasi, Kedisiplinan
Copyrights © 2018