Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 5, No 2 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Pembelajaran Sains di MI untuk Membentuk Peserta Didik yang Humanistik Religius

Moh. Agung Rokhimawan (Faklutas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Terjadi perkembangan sains yang cepat dan canggih di abad 20, bahkan produk-produk teknologi di abad ini membuat perkembangan sains semakin cepat dimasa depan. Proses pembelajaran, pengajar haruslah memusatkan perhatiannya kompetensi pada peserta didik.Pembelajaran sains yang bagaimana yang dapat membentuk peserta didik menjadi manusia yang humanistik religius?. Pembelajaran Sains itu humanisme dan religius jika pendidik menggunakan dan menerapkan pendekatan SETS yang terdapat tujuh komponen utama, yaitu: konstruktivisme, penyelidikan, bertanya, masyarakat be/ajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Intisari dari ajaran Islam adalah Tauhid.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, ...