Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 2, No 2 (2010): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbatuan Komputer Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD

Abdullah Abdullah (SMP NEGERI 1 GIRISUBO)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran matematika berbantuan komputer terhadap prestasi belajar matematika siswa SD pada tema pokok keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat prestasi belajar matematika siswa SD dan variabel bebasnya adalah media berbantuan komputer dan media konvensional. Desain penelitiannya yaitu desain kelompok kontrol nonekuivalen. Subjek penelitian sebanyak 62 siswa. lnstrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan ana/isis kovarian dengan skor pre-test sebagai kovariat pada tarafsignifikansi 5 % (d = 0.05).Hasil penelitian ini adalah; pembelajaran matematika berbantuan komputer berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa SD, hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa nilai sig.  0,000 < 0,05.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, ...