Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 11, No 1 (2019): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Pengaruh Metode Token Economy Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2

Dina Ayu Fadzila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. 2) sumbangan pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar  matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2.Variabel yang diukur yaitu token economy bentuk observasi behavior checklist dan motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2, penelitian ini termasuk penelitian populasi karena hanya terdapat satu kelas eksperimen. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh antara penggunaan metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2 yang ditunjukkan dengan  nilai P sebesar 0,036 dan 0,001 atau P < 0,05. Artinya, H0 ditolak dan H1 diterima. Pengaruh positif ini menunjukkan nilai token economy meningkat maka motivasi belajar matematika meningkat. Dan 2) sumbangan pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2 sebesar 0,484 atau 48,4% ditunjukkan dalam kolom R square (R2). Sedangkan sisanya sebesar 51,6 % disebabkan oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, ...