Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 9, No 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Analisis Kemampuan Literasi Sains di Kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta

Nunung Paryati (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Fitri Yuliawati (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan literasi sains peserta didik di kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakaninstrumen Tes berbentuk soal pilihan ganda yang telah divalidasi isi dan konstruk oleh ahli dan validasi empiris meggunakan program IBM SPSS Statistic 22 dengan analisis korelasi bivariat dan menggunakanrumus Product Moment Correlation. Populasinya yakni peserta didik kelas V dan sampelnya peserta didik kelas VC dengan pengambilan sampel teknik Simple Random Sampling di SD MuhammadiyahCondongcatur Sleman Yogyakarta. Analisis data yang dilakukan yakni dengan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik di kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017 terbagi menjadi 5 kriteria. Kriteria sangat tinggi terdapat 7 peserta didik atau sebanyak 19,44%, kriteria tinggi terdapat 5 peserta didik atau sebanyak 13,88%, kriteria sedang terdapat 16 peserta didik atau sebanyak 44,44%, kriteria rendah terdapat 3 peserta didik atau sebanyak 8,33% dan kriteria sangat rendah terdapat 5 peserta didik atau sebanyak 13,88%.Kata kunci: PISA, Kemampuan Literasi Sains, SD MuhammadiyahCondongcatur

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, ...