Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 5, No 1 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Mengembangkan Konsep Kurikulum Pendidikan Non-Dikotomik: Suatu Paradigma Baru Pendidikan Islam Indonesia

Ijudin Ijudin (Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya paradigma dikotomik dalam pendidikan pada umumnya dan khususnya kurikulum pendidikan Islam. Akar sejarah munculnya pandangan dualisme pendidikan Islam bersumber dari pandangan formisme. Pandangan ini kemudian dikembangkan dalam aspek kehidupan dunia dan akhirat, kehidupan jasmani dan rohani, sehingga pengembangan kurikulum pendidikan Islam hanya dianggap berorientasi pada keakhiratan. Problem klasik tentang dikotomi-dualistik 'ilmu agama' dan 'ilmu umum' ini harus segera dituntaskan baik pada tingkat filosofis-paradigmatik maupun pada teknis departementalnya. Karena, ilmu pengetahuan adalah satu yaitu  bersumber dari ayat-ayat Qur 'aniah dan kauniah.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, ...