Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 1, No 2 (2009): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Menumbuhkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Anak dengan Mengenal Gaya Belajarnya dalam Pembelajaran Ipa SD

Siti Fatonah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Pada hakikatnya seorangpendidik adalah seorangfasilitator, Fasilitator baik dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik, maupun konatif Seorangpendidik hendaknya mampu membangun suasana be/ajar yang kondusif untuk belajar-mandiri (self-directed learning). Ia juga hendaknya mampu menjadikan proses pembelajaran sebagai kegiatan eksplorasi diri, Gardner menegaskan bahwa setidaknya ada 8 macam kecerdasa dalam diri anak, Kedelapan kecerdasan tersebut dapat ditumbuhkan oleh guru rlengan mengenal berbagai gaya belajar pada anak, Setiap pribadi manusia memiliki “self-hidden potential excellece" (mutiara talenta yang tersembunyi di dalam diri), tugas pendidikan yang sejati adalah membantu peserta didik untuk menemukan dan mengembangkan potensi yang ada pada anak seoptimal mungkin, Hal ini bisa berhasil apabila semua guru (termasuk IPA SD) memahami kecerdasan majemuk. 

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, ...