Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 8, No 2 (2016): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Strategi Mengusik (Mengeja Dengan Musik) sebagai Cara Cepat Belajar Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar

Munawaroh Epriliani Aminah (PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Kesulitan membaca permulaan menjadi permasalahan tersendiri pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Membaca permulaan adalah keterampilan yang mendasari peserta didik untuk menguasai keterampilan-keterampilan berbahasa selanjutnya. Pada kelas awal jenjang sekolah dasar, peserta didik berada pada masa bermain. Hal ini menyebabkan peserta didik sulit untuk menerima pembelajaran yang diajarkan secara serius. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan harus berorientasi pada bermain sambil belajar. Dalam dunia anak, nyanyian, lagu, dan musik sangat erat dengan dunia mereka. Jadi, untuk menyesuaikan dunia bermain dan belajar mereka, disusunlah strategi mengusik. Dengan strategi ini, peserta didik di kelas awal jenjang sekolah dasar yang masih kesulitan menguasai keterampilan membaca permulaandiharapkan dapat lebih cepat menguasainya supaya mereka segera menguasai keterampilan-keterampilan berbahasa selanjutnya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, ...