Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah mindset. Mindset inilah yang menentukanbagaimana sebuah potensi, kecerdasan, tantangan, dan peluang sebagai sebuah proses yang harusdiupayakan dengan ketekunan, kerja keras dan usaha sehingga tujuan untuk mencapai hasil belajaryang maksimal akan tercapai. Siswa dengan mindset berkembang selalu memandang bahwa bakat,kecerdasan, dan kualitas adalah sesuatu yang dapat ditumbuhkan dan dikembangkan. Sebaliknya,siswa dengan mindset tetap selalu memandang bahwa bakat, kecerdasan, dan kualitas adalah given(sudah ditetapkan). Berdasarkan pernyataan tersebut maka timbul suatu pertanyaan apakah metodepembelajaran berpengaruh terhadap mindset siswa kelas XI IPA 1 , 2, dan 3 SMAN 15 Semarangpada pelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi metode pembelajaranterhadap mindset siswa kelas XI IPA 1, 2, dan 3 SMAN 15 Semarang. Jenis penelitian ini adalahpenelitian lapangan (field research), bersifat deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data kuesionar dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah mindset respon siswa tergolong baik berdasarkan nilai rata-rata pada angket mindset yaitu sebesar 3,76. Metode pembelajaran kimia yangditerapkan oleh guru juga baik berdasarkan nilai rata-rata siswa yang kebanyakan melewati batasKKM yaitu sebesar 77. Berdasarkan penelitian tersebut terdapat korelasi metode pembelajaranterhadap mindset siswa pada pembelajaran kimia.Kata kunci: Mindset, Metode Pembelajaran, Siswa, Kimia
Copyrights © 2016