JPS Unimus
Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

EVALUASI PEMBELAJARAN GURU IPA SMP DI KOTA SEMARANG

Eny Winaryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2015

Abstract

Kualitas lulusan sangat dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran guru. Kualitas pembelajaran dapat dievaluasi dari kompetensi pembelajaran guru Kompetemnsi pembelajaran guru  meliputi:ketrampilan instruksional, pengetahuan tentang isi, ketrampilan mengelola kelas, ketrampilan berkomunikasi, pengetahuan tentang perkembangan siswa, tanggung jawab professional. Tujuan pemnelitian ini adalah mengevaluasi 6 (enam) kiteria di atas. Hasil rekomendasi dari  penelitian ini,diharapkan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan pembelajaran. Responden penelitian adalah guru IPA SMP, kepala sekolah dan siswa SMP di kota Semarang. Penelitian ini memberikan beberapa hasil evaluasi pembelajaran guru IPA, yaitu: 1) Skor penilaian guru terhadap dirinya sendiri (self assesment) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai dari kepala sekolah (peer assesment). 2) nilai rendah lebih didominanasi pada kemampuan guru dalam memotivasi, menggali dan meningkatkan potensi siswa. 3) masih lemahnya guru dalam melakukan penelitian. Saran dari penelitian ini adalah: perlunya bagi sekolah untuk mengadakan  diskusi/workshop tentang psikologi pembelajaran dan penelitian.(Kata kunci: evaluasi, pembelajaran, guru  IPA)

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...