JPS Unimus
Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MODUL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP JAMUR

Musriadi - (Unknown)
Rubiah - (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah, meningkatkan kualitas proses pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi melalui penerapan model problem based learning berbasis modul.Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Kota Banda Aceh pada tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan siswa melakukan pemecahan masalah, meningkatan kualitas proses pembelajaran yang ditinjau dari aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah 66,74 dan 71,41. Sebagian besar siswa memberikan respon positif dan berharap agar model problem basedlearning dengan berbasis modul dapat dilanjutkan dan dikembangkan pada mata pelajaran biologi konsep jamur.Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar dan modul

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...