JPS Unimus
Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

ANALISIS BAHAN AJAR MODEL PEMBELAJARAN ALID (ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY) PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI SMA N 7 SURAKARTA

Desy Fajar Priyayi (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar model pembelajaran ALID padamateri jaringan tumbuhan kelas XI SMA N 7 Surakarta. Bahan ajar model pembelajaran ALIDdisusun seiring dengan pengembangan model pembelajaran ALID. Prosedur pengembangan sesuaidengan Borg&Gall dengan tahapan: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3)pengembangan produk model awal, 4) uji coba permulaan, 5) revisi produk pertama, 6) uji lapanganterbatas, 7) revisi produk kedua. Analisis kelayakan produk bahan ajar dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif (teknik persentase). Penilaian kelayakan bahan ajar dilakukan olehpara ahli, praktisi ,dan siswa. Komponen penilaian kelayakan meliputi materi, isi, ketercernaan,bahasa, dan tampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar model ALID layak untuk diterapkanpada materi jaringan tumbuhan dengan kategori sangat baik menurut ahli dan praktisi, serta kategoribaik oleh siswa.Kata kunci: Bahan ajar, model ALID, accelerated learning, discovery

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...