JPS Unimus
Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING (RT) SMA/MA PADA MATERI STOIKIOMETRI

Yesi Yuliani (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan mengetahui kualitas buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri yang dikembangkan berdasarkan penilaian pendidik kimia SMA/MA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap:  define, design, development, disseminate, tanpa tahap disseminate. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di  kelas; (2) skor rata-rata penilaian keseluruhan untuk buku panduan pendidik yang dikembangkan adalah 129,6 dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB) dan persentase keidealan 86,4%

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...