JPS Unimus
Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)

Diah Nugraheni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2015

Abstract

Penelitian tentang penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan minat belajar Sains (IPA) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa terhadap pelajaran Sains (IPA) dengan menggunakan pendekatan CTL. Pendekatan CTL memiliki tujuh komponen utama pembelajaran efektif yaitu: konstruktivisme, bertanya, inkuiri, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, danpenilaian yang sebenarnya. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedungmundu 01 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk mengetahui nama siswa dan nilai ulangan siswa, tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa, kuesioner untuk mengetahui peningkatan minat siswa, dan lembar observasi untuk mengetahui hasilbelajar afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Sains (IPA) dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut dan pendekatan CTL inidapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci: Minat, Belajar, Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning).

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...