JPS Unimus
Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

PENGARUH VLOG PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK ZAMAN NOW

inda yatmi (SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

PENGARUH VLOG PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK ZAMAN NOWOleh:IndayatmiProgram keahlian kimia analisis SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakartaindayatmi@ymail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh vlog pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar analisis titrimetri pada peserta didik kelas XI kimia analisis SMK Negeri 2 Depok tahun 2017/2018. Penelitian yang dilakukan terdiri dari 4 tahap yaitu pra siklus, siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, evaluasi hasil belajar, penilaian proses vlog pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vlog pembelajaran berpengaruh pada peningkatan hasil belajar analisis titrimetri pada peserta didik kelas XI kimia analisis yaitu hasil belajar rata-rata pada prasiklus sebesar 69, siklus 1 sebesar 81, siklus 2 sebesar 85, siklus 3 sebesar 87. Penggunaan vlog pembelajaran berpengaruh pada peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu pada pra siklus sebanyak 10 peserta didik, siklus 1 sebanyak 27 peserta didik, siklus 2 sebanyak 29 peserta didik, dan siklus 3 sebanyak 30 peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah vlog pembelajaran mempengaruhi peningkatan hasil belajar analisis titrimetri pada peserta didik kelas XI kimia analisis SMK Negeri 2 depok tahun 2017/2018.Kata Kunci : vlog pembelajaran; Analisis Titrimetri; hasil belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...