JPS Unimus
Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMA NEGERI 1 TARAKAN DINAMIKA GERAK ROTASI

Dady Sulaiman (KALTARA UNIVERSITY)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi dan pemecahan masalah siswa pada materi gerak rotasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif survey melibatkan 60 siswa SMA Negeri 1 Tarakan. Pada siswa diberikan 5 soal kemampuan pemecahan masalah dan 2 soal argumentasi ilmiah dan diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikannya. Rata–rata kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 31,2 (41,6%) dengan penjabaran tiap indikator adalah sebagai berikut Useful Description 1,34 (26,8%), Spesific Application of Physics 2,3 (46%), dan Mathematical Procedures 2,6 (52%). Rata–rata argumentasi ilmiah adalah 45,5 dan kualitas argumentasi ilmiah siswa hanya berada pada level 1-3 saja.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...