Journal of Food System and Agribusiness (JoFSA)
Volume 2 Nomor 2 Tahun 2018

Analisis Karakteristik Mutu Beras Organik Varietas Mentik Susu dan Sintanur

Sri Handayani (Politeknik Negeri Lampung)
Muhammad Irfan Affandi (Universitas Lampung)
Sussi Susanti (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
13 May 2019

Abstract

Produksi padi organik di Indonesia semakin meningkat karena adanya kecenderungan konsumen yang mulai mengkonsumsi makanan sehat dan salah satunya adalah beras organik.  Jenis varietas yang dibudidayakan petani yaitu mentik susu dan sintanur yang didasarkan pada jumlah hasil panen yang tinggi dan kecocokan dengan iklim. Kualitas beras organik dapat diketahui melalui pendekatan kandungan gizi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kandungan gizi beras organik varietas Mentik Susu dan Sintanur.Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian laboratorium. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab tujuan berupa uji proksimat untuk mengetahui kandungan gizi beras organik pada kedua varietas Mentik Susu dan Sintanur. Kandungan gizi yang dujikan kandungan gizi utama  bahan pangan yaitu karbohidrat, lemak, protein, air, serat, dan kadar abu.Hasil analisis menunjukkan bahwa kandungan karbohidrat, protein, dan serat  gizi beras organik varietas Mentik Susu lebih tinggi dibandingkan varietas Sintanur.  Sementara kandungan lemak, kadar air, dan kadar abu beras organik varietas Mentik Susu lebih rendah dibandingkan dengan varietas Sintanur. Secara umum dapat disimpulkan bahwa beras organik varietas Mentik Susu lebih unggul dibandingkan dengan varietas Sintanur. Kata Kunci   : Beras Organik, Kandungan Gizi, Mentik Susu, Sintanur.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JFA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

JoFSA focus publishes articles on Food Systems and Agribusiness. The food system includes all the availability, access, and distribution in feeding a population involve farming, distribution, supply, marketing, and retail ...