Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan gambaran kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik, serta mengetahui program bimbingan pribadi sosial yang dibuat berdasarkan gambaran kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang. Teknik pengambilan data pada penelitian menggunakan purposive sampling yang ditentukan berdasarkan perilaku dalam indikator komunikasi interpersonal seperti sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, mengabaikan pendapat orang lain, sulit berkomunikasi dengan orang lain, serta sulit menyampaikan ide atau gagasan di depan umum. Hasil analisis kuesioner komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang terdapat sebesar 36,03% dengan kategori rendah, 47,7% dengan kategori sedang, dan 16,27% kategori tinggi yang selanjutnya dibuat rancangan program bimbingan pribadi sosial agar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020