Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Ikramuddin Ikramuddin (Pend. MatematikaUniversitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2018

Abstract

Struktur Aljabar merupakan salah satu mata kuliah yang sebagian besar di dalamnya memuat definisi-definisi aksiomatik beserta teorema-teorema. Sebagai mata kuliah aksiomatik, diharapkan dapat membentuk mahasiswa yang mempunyai tata nalar yang logis, berpikir terstruktur, taat asas, kreatif dan inovatif. Namun pada kenyataannya mahasiswa mengalami kesulitan saat mempelajari teori-teori terkait Struktur Aljabar sehingga berdampak pada kurangnya minat dan daya tarik mahasiswa pada mata kuliahini. Olehnya itu dilakukan kajian teori tentang faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada mata kuliah struktur aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intrinsik yang terdiri dari fisik dan psikis masuk dalam kategori cukup sebagai faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar di Program Studi Pendidikan Matematika universitas Muhammadiyah Makassar. Sedangkan faktor ekstrinsik diantaranya berupa faktor dosen, muatan materi perkuliahan, alat dan fasilitas, serta pengaruh lingkungan baik itu di kampus maupun dilingkungan masyarakat masuk dalam kategori tinggi.Faktor ekstrinsik lainnya yakni peran orang tua dan lingkungan keluarga masuk dalam kategori cukup.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...