Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (MPG) BERBANTUAN BLENDED LEARNING PADA TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PGRI

Jayanti Jayanti (Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang)
Rahmawati Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauhmana hasil pembelajaran generatif (MPG) berbantuan Blended Learning yang diterapkan di matakuliah trigonometri pada universitas PGRI Palembang, dan bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) mahasiswa melalui model pembelajaran ini. ModelPembelajaran Generatif (MPG) memiliki empat tahap yaitu tahap persiapan, memfokuskan, tantangan dan aplikasi pada pembelajaran tatap muka dikuliah trigonometri, berbantuan blended learning yaitu dengan menggunakan internet secara online. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes nonekuivalen. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa matematika pada Universitas PGRI Palembang. yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran Generatif berbantuan blended learning (PGBBL) dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional (PK). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan trigonometri dan kemampuan penalaran matematis mahasiswa semester dua pendidikan matematika universitas PGRI adalah cukup baik.(2). Disarankan kepada tenaga pengajar/Dosen untuk dapat mengujicobakan model pembelajaran ini pada kemampuan matematis lainnya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...