Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara proses pembelajaran dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kalkulus I pada program studi pendidikan matematika di Unika Santo Thomas Sumatera Utara. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan studi korelasi. Variabel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 2 variabel bebas yaitu proses pembelajaran (X1) dan kebiasaaan belajar (X2). Selain itu ada juga melibatkan variabel terikat yaitu hasil belajar mahasiswa (Y). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda dan korelasi. Berdasarkan analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi adalah linear dan signifikan. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi dengan uji F maka dapat dinyatakan bahwa korelasi yang terjadi antara Y dengan X1 dan X2, secara bersama-sama adalah berarti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan kata lain hipotesis penelitian yang diajukan yaitu terdapat hubungan yang positif antara proses pembelajaran dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar teruji kebenarannya.
Copyrights © 2018