Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

HUBUNGAN ANTARA PROSES PE MBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS I

Tetty Natalia Sipayung (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara proses pembelajaran dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kalkulus I pada program studi pendidikan matematika di Unika Santo Thomas Sumatera Utara. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan studi korelasi. Variabel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 2 variabel bebas yaitu proses pembelajaran (X1) dan kebiasaaan belajar (X2). Selain itu ada juga melibatkan variabel terikat yaitu hasil belajar mahasiswa (Y). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda dan korelasi. Berdasarkan analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi adalah linear dan signifikan. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi dengan uji F maka dapat dinyatakan bahwa korelasi yang terjadi antara Y dengan X1 dan X2, secara bersama-sama adalah berarti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan kata lain hipotesis penelitian yang diajukan yaitu terdapat hubungan yang positif antara proses pembelajaran dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar teruji kebenarannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...