Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE PADA KELAS VIII SMP

Sri Satriani (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Muhammad Rizal Usman (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP yang pembelajarannya melalui model kooperatif tipe Pair Checks (2) hasil belajar matematika siswa kelas VIII yang pembelajarannya melalui model kooperatif tipe Think Pair Share (3) Perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Pair Checks dengan model kooperatif tipe Think Pair Share pada kelas VIII SMP Negeri 1 Labakkang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIIIG sebagai kelas eksperimen II. Desain penelitian yang digunakan adalah The Pretest – Posttest Experimental Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu :(1) tes hasil belajar dalam bentuk essay yang diberikan sebelum dan setelah diberikan perlakuan,(2) Lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)kelas Eksperimen 1: skor rata-rata posttest 91,25 lebih besar daripada skor rata-rata pretest 44,00 dengan standar deviasi masing-masing pretest 11,45 dan posttest 7,38. Pada kelas eksperimen 2 : skor rata-rata posttest 85,75 lebih besar daripada skor rata-rata pretest 49,78 dengan standar deviasi masing-masing pretest 15,86 dan posttest 10,17. (2) Dari perolehan hasil belajar dan keterlaksanaan pembelajaran dari kedua kelas tersebut disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan kelas yang menggunakan model kooperatif tipe Pair Checks pada kelas VIII SMP Negeri 1 Labakkang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...