Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TUGAS FLASH CARD

Muhammad Rizal Usman (Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rezki Rahmadani (Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika dengan tugas Flash Card di kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Penelitian ini juga untuk mengetahui presentase hasil belajar matematika, aktivitas peserta didik danrespons peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Luaran yang dihasilkan pada penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar matematika mencapai KKM, aktivitas peserta didik aktif saat pembelajaran berlangsung serta respons peserta didik positif terhadap model kooperatif Think Pair Share,serta pemberian tugas Flash Card kepada peserta didik diakhir pembelajaran. Perangkat pembelajaran (RPP) berorientasi pada pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Subjek penelitian adalah satu kelas sebagai kelas eksperimen. Objek penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Rata-rata hasil belajar matematika peserta didik setelah menggunkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tugas Flash Card ≥ 75 (KKM) yaitu 82.78 skor yang diperoleh.(2) Keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tugas Flash Card ≥ 75% yaitu 80.3% peserta didik aktif dalam proses pembelajaran.(3) Respons peserta didik terhadap pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tugas Flash Card ≥ 75% yaitu 88% peserta didik merespons positif terhadap pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...