Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2019): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI MTs MIFTAHUL ULUM PANGKALAN BALAI

Wika Wiryanti (Unknown)
Malalina Malalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2020

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di MTs Miftahul Ulum Pangkalan Balai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di MTs Miftahul Ulum Pangkalan Balai. Model pembelajaran yang digunakan metode eksperimen murni (true eksperimental design) dengan desain Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.B yang berjumlah 30 siswa sebagai sebagai kelas kontrol dan VIII.E yang berjumlah 31 siswa sebagai sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di MTs Miftahul Ulum Pangkalan Balai hal ini terlihat dari uji-t.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...