Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2020): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Hanifatul Rahmi (Sekolah Tinggi Teknik (STT) Dumai)
Etna Syafweny (SDN 012 Purnama, Dumai)
S Susilawaty (SDN 004 Mundam, Dumai)
F Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2020

Abstract

Artikel ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus yang dilaksanakan pada SD Negeri 001 Rimba Sekampung di Kelas III yang berjumlah 20 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian dan pembagian dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 80 dengan persentase ketuntasan siswa 71,43%; (2) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 83,30 dengan persentase ketuntasan siswa 80,95%; dan (3) hasil obeservasi pada siklus I sebesar 82,50 dengan kategori baik mengalami peningkatan menjadi 92,50 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Kesimpulannya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...