Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2020)

Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini

Dewi Fitriani (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Ar Raniry)
Heliati Fajriah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Ar Raniry)
Wirda Rahmita (TK Dharma Wanita, Teunom)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2019

Abstract

Menurunnya kemampuan berbahasa reseptif pada anak usia dini telah menimbulkan kekhawatiran karena berimbas pada perkembangan kemampuan bahasa ekspresif anak. Ketrampilan kemampuan bahasa reseptif inilah yang menjadi dasar pada timbulnya kemampuan ekspresif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan berbahasa reseptif pada anak usia dini dengan menggunakan big book sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Ibnu Sina dengan jumlah subjek penelitian sebanyak delapan orang anak berusia 5 6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kemampuan berbahasa reseptif anak. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kemampuan berbahasa reseptip anak yang cukup signifikan selama dua siklus. Hasil belajar anak dengan media big book berhasil mencapai persentase yang lebih tinggi pada perkembangan kemampuan berbahasa anak sebesar 87, 5 %.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...