Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 1 (2018)

Increasing Religious Value through Singing Methods to Students of Kindergarten

Riwayati Zein (Prodi PG-PAUD STKIP Adzkia Padang)
Sukmayanti Sukmayanti (Prodi PG-PAUD STKIP Adzkia Padang)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai respon terhadap masalah bahwa pembelajaran siswa TK Adzkia V Padang dalam nilai-nilai agama berdasarkan masih rendah. Sementara itu, nilai-nilai agama adalah salah satu aspek yang perlu dirangsang dalam mengajar siswa TK di kelas B. Masalah yang ditemukan di lapangan adalah: 1) Hanya 5 anak yang dapat sembahyang dan 11 siswa lainnya tidak dapat berdoa dan mengangkat tangan mereka sambil berdoa. 2) Dalam praktek sholat 6 anak dapat melakukan dengan baik sedangkan 10 anak lainnya melakukan sholat yang terburu-buru bahkan berteriak-teriak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan nilai-nilai agama melalui metode nyanyi dalam mengajar siswa TK B Adzkia V Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Desain setiap siklus dilakukan dalam 5 pelajaran melalui empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Dengan demikian, data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil siklus II menunjukkan peningkatan nilai agama anak cukup signifikan hingga mencapai 90% dan penelitian dinyatakan berhasil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian metode nyanyi dapat meningkatkan nilai-nilai agama anak-anak di taman kanak-kanak B Adzkia V Padang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...