Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2020)

Penerapan Token Economy untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini

Elizabeth Prima (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura)
Putu Indah Lestari (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini melalui penerapan Token Economy. Perilaku prososial adalah aspek perkembangan moral yang mencakup perilaku seperti empati, kedermawanan, kerjasama, peduli, dan banyak lagi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak Denpasar pada Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode observasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelompok A berjumlah 17 anak. Objek penelitian ini adalah penerapan Token Economy untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini. Hasil yang peroleh pada Siklus I menunjukkan 47,06% telah mencapai ketuntasan, sedangkan pada Siklus II menunjukkan 82,35% yang mencapai ketuntasan. Dari Siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan perilaku prososial sebesar 35,29% dengan penerapan Token Economy Hal ini menunjukkan penerapan Token Economy dapat meningkatkan perilaku prososial anak usia dini

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...