Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun

Riwayati Zein (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia)
Vivi Puspita (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Adzkia)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu model pembelajaran bercerita tematik perkembangan bahasa (BTPB) yang dapat peningkatkan keterampilan bahasa anak. Khususnya keterampilan menyimak dan berbicara. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analysis, desaign, development, implementation dan evaluation) dengan empat tahapan penelitian yaitu 1) Tahap Need Analyze; 2) tahap perancangan; 3) tahap pengembangan 4) tahap implimentasi. Validasi prodak dilakukan oleh ahli bahasa, pakar AUD dengan mengunak angket, lembar instrument observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian yaitu TK Adabiah dan TK Adzkia. Responden penelitian terdiri dari 8 orang guru. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh penilaian dari aspek kelayakan, kebahasaan, kegrafikan dan azas manfaat dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba penelitian penggunaan model BTPB terdapat peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara pada kelas eksperimen dari pada anak kelas control, dengan demikian model PTPB dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di AUD

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...