Journal of Educational Review and Research
Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI

Sapti Supriyati (STKIP Singkawang)
Susan Neni Triani (STKIP Singkawang)
Wahyuni Oktavia (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1. Mengetahui keterampilan menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative tipe concept sentence, 2. Mengetahui keterampilan menulis puisi sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe concept sentence, 3. Melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative tipe concept sentence terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 20 Singkawang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, menggunakan bentuk Pre Exprimental Design, dan pada penelitian ini digunakan rancangan One-Group Pretest-Posstest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Singkawang. Dalam penelitian ini sampel yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian pada tahap pertama atau pretest memperoleh mean sebebsar 68,56. Penelitian pada tahap kedua atau posstest memperoleh mean sebebsar 85,72, hasil mean yang diperoleh sangat berbeda dengan hasil mean yang di dapat pada saat tahap pretest. Berdasarkan hasil uji regresi linear dengan bantuan SPSS versi 17 maka jika nilai sig 0,150 (>) 0,05 dapat dikatakan ada hubungan dalam penggunaan model pembelajaran cooperative tipe concept sentence terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai Thitung lebih besar dati nilai Ttabel yakni 9,020 > 1,710,  hal ini dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan nyata antara hasil belajar sebelum dan sesudah digunakannya model pembelajaran cooperative tipe concept sentence. Dengan diperolehnya hasil uji t tersebut maka hipotesis Ha yang berbunyi pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative tipe concept sentence terhadap hasil belajar menulis puisi diterima.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...