Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak

Mustajab Mustajab (Pendidikan Agama Islalm, Institut Agama Islam Negeri Jember)
Hasan Baharun (Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo)
Lutfiatul Iltiqoiyah (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2020

Abstract

Kecerdasan majemuk sangat penting untuk dikembangkan pada anak didik, sehingga diperlukan pendekatan yang tepat guna untuk mencapai target tersebut, salah satunya adalah pendekatan BCCT (Beyond Centre And Circle Time). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami tentang manajemen pembelajaran pada anak usia dini melalui pendekatan BCCT (beyond centre and circle time) dalam meningkatkan multiple intelligences anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada siswa di TK Namira School dan TK Islam Terpadu Permata, Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam menerapkan BCCT guna meningkatkan multiple intelligences anak, diperlukan pengelolaan yang terencana, terstruktur dan sistematis. Melalui perencanaan desain pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang sistemik, multiple intelligences anak dapat dikembangkan dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...