Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara sikap siswa dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Dipawangi Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Pengambilan subyek dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket skala sikap siswa terhadap pelajaran matematika dan nilai Ulangan Tengah Semester II tahun ajaran 2016 – 2017. Analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan tabulasi silang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Besarnya pengaruh sikap siswa dari aspek kognitif dapat dijelaskan 7,6 % siswa mempunyai sikap yang sangat tinggi, 56,9% siswa mempunyai sikap yang tinggi, 32,3 % siswa mempunyai sikap rendah, 3,07 % siswa mempunyai sikap sangat rendah. Besarnya pengaruh sikap siswa dari aspek afektif dapat dijelaskan 16,9 % siswa mempunyai sikap yang sangat tinggi, 50,7 % siswa mempunyai sikap yang tinggi, 27,6 % siswa mempunyai sikap rendah, 4,6 % siswa mempunyai sikap sangat rendah. Besarnya pengaruh sikap siswa dari aspek afektif dapat dijelaskan 18,4 % siswa mempunyai sikap yang sangat tinggi, 67,6 % siswa mempunyai sikap yang tinggi, 10,7 % siswa mempunyai sikap rendah,  3,07 % siswa mempunyai sikap sangat rendah. Kata Kunci : Sikap Siswa,  Prestasi Belajar
Copyrights © 2018