PRISMA
Vol 9, No 1 (2020): PRISMA Volume 9, No 1 Tahun 2020

Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Zuliyanti, Putri (Unknown)
Pujiastuti, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Pemecahan masalah merupakan landasan dalam pembelajaran matematika, tanpa kemampuan pemecahan masalah pada diri peserta didik maka kegunaan dan kekuatan ide-ide matematika, pengetauan, dan keterampilannya  sangat terbatas. Dalam penelitian ini peneliti akan meneliti terkait pengaruh model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kramatwatu Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Eksperimen dan lebih dikhususkan kepada eksperimen semu dengan desain kelompok Pretest - Posttest Control Grup Desaign. Populasi penelitian yaitu pesert didik di SMPN 1 Kramatwatu, sedangkan subjek penelitian ini adalah 54 peserta didik yang terdiri dari 27 peserta didik kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan 27 peserta didik kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini berarti Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan CTL pada materi SPLDV lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional pada materi SPLDV. Kata Kunci : Matematika, Pemecahan masalah, Contextual Teaching and Learning (CTL).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...